Sabtu, 29 November 2008

IDENTIFIKASI PELATIHAN/KEGIATAN KO KURIKULER YANG MENUNJANG MUTU CALON GURU

Jurusan Tarbiyah saat ini memiliki program studi yang telah terakreditasi. Status ini harus dipertahankan dan ditingkatkan melalui kegiatan intra/ko dan ekstra kurikuler. Saat ini Jurusan Tarbiyah telah mengidentifikasi pelatihan/kegiatan yang mendukung mutu lulusan. Identifikasi berasal dari beberapa diskusi dosen, pengguna PPL, pengguna lulusan dan kajian dari teori-teori yang berkembang.
Hasil identifikasinya adalah sebagai berikut:
  1. Kegiatan Program Pendampingan dan Pengembangan Kepribadian Muslim Integral (P3KMI). Program ini berlaku bagi mahasiswa semester 1 dan 2.
  2. Pelatihan penelusuran Kitab-kitab klasik melalui Maktabah Tsamilah bagi semester 3 -4.
  3. Pelatihan pengembangan Media visual dan audiovisual (power poin dengan hyper-link dan yang sejenis) bagi semester 4 -5.
  4. Pelatihan pengembangan media berbasis information technology bagi semester 5 -6.
  5. Pelatihan Penulisan Skripsi bagi semester 5 -7.
  6. Pelatihan Pengembangan Diri menjelang Lulus bagi calon alumni.
Pelatihan yang diidentifikasi perlu direalisasi secepatnya tetapi memerlukan dana yang besar. Asumsi didasarkan pada pelatihan yang sudah sering dilaksanakan oleh Jurusan Tarbiyah, yaitu pelatihan poin 6 adalah Rp. 6 jutaan/70 mahasiswa. Merujuk pengalaman pelatihan ini maka pelatihan minimal berlangsung 3 hari ( jam 08.00 - 14.00) ditambah pendampingan selama 1 bulan dengan pendamping minimal 4 dosen. Hasil dari pelatihan ini berwujud proposal penelitian final.
Persoalan yang segera dipecahkan adalah dana tersebut dari dana apa dan dari siapa? Siapa yang mau dan bisa menjawab? Wallahu'alam.

Tidak ada komentar: