Rabu, 19 November 2008

MAHASISWA STAIN SURAKARTA UNJUK KREATIFITAS

Mahasiswa STAIN Surakarta di akhir pekan minggu kemarin, mengadakan unjuk kreatifitas. Unjuk kreatifitas itu berupa unjuk rasa meminta penghapusan pembayaran PPDM. Di mana sebelumnya telah mengadakan demonstrasi tentang pembayaran PPDM. Pembayaran PPDM diragukan keberadaannya oleh mahasiswa. Mahasiswa meminta penghapusan pembayaran PPDM dikarenakan tidak ada pedoman yang jelas tentang pembayaran PPDM tersebut. Pembayaran PPDM selama ini kurang transparan alokasinya, sehingga menjadikan prasangka yang jelek dari mahasiswa.
Untuk menanggapi tuntutan dari mahasiswa tersebut, minggu kemarin telah diadakan audiensi antara mahasiswa dan pimpinan STAIN Surakarta. Akan tetapi dari pertemuan tersebut belum didapatkan kesepakatan bersama. Tuntutan mahasiswa ada beberapa opsi, diantaranya ada yang meminta pengahpusan PPDM, ada yang meminta transparansi penggunaan PPDM dan adapula yang meminta pengurangan besarnya biaya PPDM.
Sedangkan untuk Jurusan Tarbiyah sendiri juga telah mengadakan audiensi dengan perwakilan mahasiswa dari beberapa angkatan. Hasil dari audiensi tersebut diantaranya :
Adanya penjelasan tentang alokasi PPDM di Jurusan Tarbiyah STAIN Surakarta sebagai berikut
  • 10 % dipotong oleh pusat untuk subsidi jurusan lain
  • 90 % diserahkan ke jurusan (ini dianggap 100%) dengan rincian sebagai berikut:
- 10 % untuk Kegiatan Kemahasiswaan
- 75 % untuk PBM (Proses Belajar Mengajar), meliputi :
# P3KMI
# Penelitian Individu/Kelompok Mahasiswa
# Biaya rutin diskusi mahasiswa
# Pengabdian masyarakat baik individu/kelompok oleh mahasiswa
# Pelatihan-pelatihan yang mendukung mutu akademik
- 15 % untuk Pengembangan Dosen

Tidak ada komentar: