Para peserta KKL kebanyakan dari Praktisi Pendidikan di lembaga pendidikan masing-masing, sehingga KKL ini merupakan bagian dari penyegaran kembali ide-ide, sekaligus melihat inovasi-inovasi baru perkembangan dunia pendidikan.
Sementara Pendidikan Islam itu sendiri menghadapi problematika secara umum meliputi aspek (1) filosofis; perlunya re-orientasi dunia pendidikan dengan melihat keseimbangan Jasmani dan Rohani (2) Manajemen ; proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) serta system manajerial kelembagaan dengan meliputi: struktur kepemimpinan, kebijakan-kebijakan dalam menghadapi kendala, keterlibatan masyarakat terhadap kelembagaan tersebut. (3) Kurikulum ; pembuatan kurikulum yang terpadu dari Diknas dan Depag atau kurikulum yang menjadi unggulan dari suatu kelembagaan (4) Pendanaan; bagaimana pendanaan dari proses mendapatkannya, penggunaan dan pelaporannya.
Agenda KKL akan Studi Banding ke Pondok Pesantren Qoryah Toyyibah Salatiga.
Tujuan kegiatan KKL :
- Memberikan pengalaman praktik pengelolaan kelembagaan pendidikan Islam sesuai program studi masing-masing.
- Mengembangkan pengetahuan teknis dasar-dasar keprofesian bidang keahlian bidang pendidikan.
- Mengetahui Sistem Manajemen di suatu kelembagaan pendidikan tertentu, sebagai pengetahuan keahlian profesi dalam dunia pendidikan.
- Mengembangkan sikap pro aktif dan responsive terhadap pembaharuan bidang pendidikan.
Hari/Tanggal | J a m | Kegiatan | Tempat |
Selasa, 29 April 2008 | 06.00-07.00 | Chek In Peserta | Jur. Tarbiyah |
07.00-09.00 | Berangkat ke Lokasi | Panitia dan Biro | |
09.00-12.00 | Pemberian Materi dari Lembaga (Ceramah,Dialog dan Observasi) | Lembaga Pesantren Qoryah Toyyibah | |
12.00-13.00 | ISHOMA | Panitia dan Biro | |
13.00-16.00 | Wisata dan Belanja | Panitia dan Biro | |
16.00-17.30 | Pulang ke Solo | Panitia dan Biro |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar